Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Terjemahan Lengkap

Niat Zakat Fitrah – Pembahasan mengenai Zakat Fitrah dan Pengertian Zakat Fitrah Menurut Ajaran Islam adalah salah satu Ibadah yg tlah diwajibkan atas setiap Muslim baik Muslim Pria dan Muslimah Wanita yg sudah termasuk kedalam Syarat – Syarat Wajib Membayar Zakat yg tlah ditetapkan didalam Ajaran Islam karna untuk Zakat Fitrah ini tlah diwajibkan atau diperintahkan langsung oleh Alloh Swt kepada para Umatnya (Muslim) dan perintah untuk membayar zakat baik itu Zakat Fitrah maupun Zakat Mal sdh tertera didalam Surat – Surat didalam Al Qur’an seperti salah satunya Surat Al Baqarah Ayat 43 yang berbunyi

niat zakat fitrah

” Dan dirikanlah Shalat, Tunaikanlah (Membayar) Zakat dan Berukulah beserta orang – orang yg ruku (QS. Al Baqarah Ayat : 43) ”. dan didalam Surat At Taubah Ayat 103 mengatakan, ” Ambilah Zakat dari sebagian harta mereka karna dgn zakat itu km membersihkan dan menyucikan mereka (QS. At Taubah Ayat 103) ”. Lalu Nabi Muhammad Saw juga tlah memerintahkan dan mewajibkan setiap hamba Muslim untuk membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan, seperti dijelaskan oleh Ibnu Umar Ra bahwa, ” Nabi Muhammad Saw tlah mewajibkan Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan sebesar 1 (Satu) Sha dari Kurma atau 1 (Satu) Sha dari Sya’iir bagi seorang hamba, seorang yg tlah merdeka, Seorang Pria dan Wanita, Anak Kecil dan Orang Dewasa dri Kaum Muslimin (Hadist Shahih Al Bukhari dan Muslim) ”.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa untuk Hukum Membayar Zakat Fitrah atau Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah bagi tiap – tiap Muslim ialah Wajib dilakukan karena tlah diperintahkan secara langsung oleh Alloh Swt melalui Surat – Surat didlm Al Qur’an dan tlah diwajibkan oleh Nabi Muhammad Saw melalui Hadist – Hadist Shahih dan untuk perkara Zakat sendiri baik itu Zakat Fitrah maupun Zakat Mal termasuk ke dlm Rukun Islam Ketiga sehingga akan mendapatkan Pahala dan memperoleh Keutamaan Zakat Fitrah bagi tiap – tiap Muslim yang mengeluarkan dan membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan.

Adapun untuk Waktu Membayar Zakat Fitrah bisa dilakukan oleh kalian disaat Bulan Ramadhan yang dibayarkan Dua Hari ataupun Satu Hari sebelum Shalat Idul Fitri dikerjakan dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah terakhir atau paling telat ialah saat terbitnya fajar hingga dekat waktu mengerjakan Shalat Idul Fitri karena jika kalian membayar Zakat Fitrah saat Imam Shalat Idul Fitri tlah mengerjakan Shalat ataupun mengeluarkan Zakat Fitrah setelah Shalat Idul Fitri maka Zakat Fitrah yang telah kalian bayar dan keluarkan itu bukan termasuk kedalam Golongan Zakat Fitrah melainkan Sedekah Biasa. Bahwa Abbas Ra berkata, ” Barangsiapa yg membayar Zakat Fitrah sebelum Shalat Idul Fitri maka Zakatnya akan diterima dan barangsiapa yg membayar Zakat Fitrah setelah Shalat Idul Fitri maka itu hanya dianggap sebagai sedekah diantara berbagai sedekah (HR. Abu Daud no 1609 dan Ibnu Majah no 1827) ”.

Bacaan Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

niat membayar zakat fitrah

Bacaan Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah untuk diri sendiri yg telah dibekali oleh Terjemahan Latin dan Artian Indonesia diatas bisa kalian bacakan ketika akan mengeluarkan Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan kepada Orang Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah secara ikhlas dengan mengharap Ridho dari Alloh Swt.

niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki - laki

Lafadz Niat Membayar Zakat Fitrah Untuk Anak Laki – Laki diatas bisa kalian amalkan atau bacakan ketika kalian sebagai Orang Tua akan mengeluarkan dan membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan atas nama Anak Laki – Laki kalian karna di dlm Cara Membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan kepada Orang Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah bisa diwakili oleh Orang Tua, Anak maupun Orang Lain sesama Muslim.

niat zakat fitrah untuk anak perempuan

Lalu untuk Lafal Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan yang telah terdapat Terjemahan Latin dan Artian Indonesia diatas bisa diamalkan dan dibacakan oleh kalian sebagai Orang Tua yang akan membayar atau mengeluarkan Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan untuk Golongan Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah dengan maksud mewakili Zakat Fitrah Anak Perempuan anda dan perlu kalian ingatkan sekali lagi sebaiknya membayar Zakat Fitrah dilakukan di Dua atau Satu Hari sebelum mengerjakan Shalat Idul Fitri karena Zakat Fitrah yg dibayarkan setelah Shalat Idul Fitri maka hal tersebut bukanlah Zakat Fitrah melainkan Sedekah Biasa.

Hukum Membaca Niat Zakat Fitrah di Islam

Kemudian Perlukah Kita Membaca Niat Saat Akan Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Apa Wajib atau Tidak kah Membaca Niat Saat Akan Mengeluarkan Zakat Fitrah didalam Islam itu sendiri ?. Untuk Hukum Membaca Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan sendiri ialah Sunnah atau boleh dilakukan dan boleh tidak dilakukan, tetapi perlu kalian ingat bahwa membaca Niat Akan Membayar Zakat Fitrah merupakan bagian dari Rukun diterimanya Ibadah Zakat Fitrah itu sendiri karena Nabi Muhammad Saw tlah bersabda bahwa, ” Semua Amal itu tergantung pd niatnya (HR. Bukhari dan Muslim).

Sehingga sangat baik sekali dan sangat diutamakan kalau kalian membaca ataupun mempunyai Niat Zakat Fitrah dengan ikhlas baik yang dilisankan (Diucapkan) ataupun dibacakan didalam Hati dengan mengharapkan Ridho dari Alloh Swt sebelum dan saat Zakat Fitrah akan diserahkan kepada Orang Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah. Lalu membaca Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah juga tidak harus membaca dengan keras – keras, cukup dibacakan dengan lemah lembut dan diucapkan di dlm hati baik memakai Bahasa Arab maupun dlm Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Daerah lainnya karena Alloh Swt Maha Pintar sehingga akan sangat mengerti Bacaan Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan yg dibacakan dengan tulus dan ikhlas untuk memenuhi kewajiban kalian sebagai seorang Muslim.

Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Terjemahan Lengkap | muhammad sakti | 4.5