Bacaan Doa Iftitah NU dan Muhammadiyah Yang Shahih

Doa Iftitah – Pengertian tentang Doa Iftitah didalam Shalat baik itu Shalat Wajib dan Shalat Sunnah adalah Doa yang dapat dibacakan setelah Takbiratul Ikhram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah didalam Shalat. Bacaan Iftitah ini dibacakan cuma satu kali, tidak seperti membaca Surat Al Fatihah yang dibacakan di tiap tiap Raka’at dalam Shalat karena untuk Bacaan Iftitah Dalam Shalat dibacakan di Raka’at Pertama setelah melakukan Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah di Raka’at Pertama.

Sedangkan untuk Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Shalat sendiri ialah Sunnah Haiat yakni suatu Amalan Sunnah didalam Shalat, jika amalan itu ditinggalkan baik secara sengaja maupun tidak disengaja maka tidak disunnahkan untuk melakukan Sujud Sahwi. Hanya saja membaca Amalan Bacaan Iftitah Dalam Shalat yang Sunnah tersebut, sangat dianjurkan untuk diamalkan (Kerjakan) karena bisa menambah Pahala kalian dalam Shalat dan telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga ada baiknya bagi kalian seorang Muslim untuk membaca Bacaan Iftitah baik saat mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah.

Adapun untuk salah satu Hadist Shahih yang menjelaskan bahwa Hukum Bacaan Iftitah Sunnah ialah Hadist Shahih dari Abu Hurairah yang berbunyi, ” Biasanya Nabi Muhammad SAW sesudah bertakbir (Takbiratul Ikhram) ketika sedang Shalat, Nabi Muhammad SAW diam sejenak sebelum membaca Ayat (Surat Al Fatihah). Maka aku pun bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, Wahai Rasulullah, kutebus Engkau dengan Ayah dan Ibu ku, saya melihatmu berdiam diantara Takbir (Takbiratul Ikhram) dan Bacaan Ayat (Surat Al Fatihah). Apa yang Engkau baca ketika itu, lalu Beliau Nabi Muhammad SAW menyebutkan Doa Iftitah (Muttafaqun ‘Alaih) ”.

Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat Yang Benar dan Shahih

bacaan doa iftitah versi nu dan muhammadiyah

Kemudian setelah kalian mengetahui tentang Pengertian dan Hukum Membaca Bacaan Iftitah di dalam Shalat, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Bacaan Iftitah Yang Benar karena menurut Ustad Adi Hidayat bahwa didalam Bacaan Iftitah Dalam Shalat itu terdapat 12 Bacaan Iftitah, Bacaan Doa nya ada yang Pendek, Sedang dan ada yang Panjang. Setiap Muslim dan Muslimah bisa memilih Bacaan Iftitah menurut Kondisi Shalat setiap Muslim, jika tidak sedang terburu – buru maka bisa membaca Bacaan Iftitah yang Sedang ataupun Panjang dan jika sedang tidak ada waktu maka bisa membaca Bacaan Iftitah yang Pendek.

Namun di Indonesia sendiri terdapat Dua Macam Bacaan Iftitah yang sering dibacakan oleh setiap Muslim Indonesia dan Kedua Bacaan Iftitah tersebut biasanya sering dibacakan oleh Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Organisasi Islam Muhammadiyah. Dibawah ini telah kami tuliskan secara lengkap tentang Bacaan Doa Iftitah Versi NU dan Bacaan Doa Iftitah Versi Muhammadiyah kepada kalian para pembaca, khususnya Muslim yang berada di Indonesia.

Bacaan Doa Iftitah Nahdlatul Ulama (NU)

doa iftitah versi NU

Bacaan Doa Iftitah Muhammadiyah

bacaan doa iftitah muhammadiyah

Itulah Bacaan Iftitah Versi NU dan Versi Muhammadiyah yang sudah dituliskan secara lebih lengkap karena terdapat Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia, semoga saja apa yang sudah dituliskan didalam artikel Bacaan Iftitah mampu memberikan manfaat kepada kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah yang berada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Bacaan Iftitah didalam Shalat yang Sunnah tersebut mempunyai Keutamaan yang tidak sedikit.

Adapun sebagai tambahan bahwa untuk Keistimewaan dan Keutamaan Doa Iftitah sendiri antara lain sebagai ladang mendapatkan Pahala tambahan bagi setiap Muslim dan Muslimah yang mengerjakan Shalat Wajib dan Shalat Sunnah karena sekali lagi Hukum Membaca Iftitah didalam Shalat ialah Sunnah, dan Nabi Muhammad SAW sendiri pernah bersabda yang dijelaskan didalam Hadist Shahih Riwayat Muslim yang berbunyi, ” Saya (Nabi Muhammad SAW) melihat ada 12 Malaikat yg berebut untuk mengantarkan doa ini kepada Allah SWT (Hadist Shahih Riwayat Muslim, nomor 1385) ”.

Bacaan Doa Iftitah NU dan Muhammadiyah Yang Shahih | muhammad sakti | 4.5