Keutamaan Dan Doa Setelah Shalat Witir Lengkap Di Agama Islam

Doa Setelah Shalat Witir – Alhamdulillah kami selaku admin ilmutauhid.com masih diberi kesehatan oleh Allah SWT sehingga kami bisa kembali membahas ulasan artikel tentang ilmu Islam. Di waktu sekarang ini kami akan mencoba membahas tentang bacaan doa setelah shalat witir. Namun sebelum kami membahas mengenai doa setelah shalat witir, kami akan menjelaskan apa itu shalat witir.

Doa Setelah Shalat Witir

Shalat witir adalah sholat sunnah yang dilaksanakan atau dikerjakan pada waktu malam hari sesudah shalat isya dan sebelum waktu shalat subuh yang mempunyai rakaat ganjil. Selain dikerjakan shalat isya, shalat ini dikerjakan sehabis shalat tarawih dan tahajjud. Dimana keterangan waktu dilaksanakan shalat witir, di dasari pada sebuah hadist dimana shalat sunnah ini dimaksudkan sebagai pamungkas waktu malam yang dikerjakan untuk mengganjili shalat shalat yang genap. maka dari itu di anjurkan untuk menjadikannya shalat witir ini sebagai akhir shalat malam.

Hukum Shalat Witir

Kemudian untuk Hukum mengerjakan shalat witir ini yaitu sunnah muakkad yang berarti shalat sunnah yang sangat di anjurkan untuk dikerjakan. Adapun dalil dan hadist yang menjadi dasar bahwa Hukum shalat witir yaitu sunnah muakad, penjelasannnya bisa dilihat dibawah ini secara jelas dan lengkap.

Hukum Shalat Witir

Itulah beberapa hadist yang menjadi dasar mengenai Hukum Mengerjakan Shalat witir, kemudian untuk Keutamaan Shalat Witir sangat banyak. Mengenai Keutamaan shalat witir ini berdasarkan hadist Kahrijah bin Hudzafah Al-Adwi yang menceritakan bahwa Baginda Nabi Muhammad pernah keluar menemui sahabatnya, lalu Baginda Nabi bersabda.

Keutamaan shalat witir

Selain hadist yang menjelasakan keutamaan shalat witir, ada juga penjelasan hadist Nabi yang memerintahkan atau menganjurkan kepada sahabatnya untk mengerjakan shalat witir, dimana hadist ini di jelaskan dalam hadist Nabi yang di jelaskan oleh Ali bin Abi Thalib RA yang berbunyia Bagina Nabi pernah berwitir, lalu beliu bersabda Wahai ahli Qu’ran kerjakanlah atau lakukanlah shalat sunnah witir sesunguhnya Allah itu ganjil(witir) dan Allah menyukai sesuatu yang ganjil”.

Jumlah Rakaat Shalat Witir

Kemudian untuk jumlah rakaat shalat sunnah witir,seperti yang sudah di jelaskan diatas. Bahwa rakaat shalat witir ini berjumlah ganjil, dengan kata lain shalat ini bisa dikerjakan dengan jumlah ganjil bisa dikerjakan dalam satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat atau jumlah ganjilnya dengan sekali salam. Namun mengenai jumlah rakaat shalat witir, jumhur ulama berpendapat bahwa shalat sunnah ini dilakan dengan satu kali salam tiap dua rakaat dan terkahir satu salam satu rakaat. Misalkan jika shalat witir dikerjkan satu rakaat maka satu rakaat salam. Namun jika shalat witir dikerjakan tiga rakaat, dua rakaat satu kali salam dan ditambah dengan satu rakaat, satu kali salam.

Bacaan Niat Shalat Witir

Mengenai jumlah rakaat yang akan anda kerjakan, dikerjakan semampu anda yang penting jumlahnya ganjil. Dan jika ingin mengenjarkan shalat witir ini, namun belum hafal mengenai bacaan niatnya. Berikut ini Bacaan Niat Shalat Witir lengkap dan artinya.

niat shalat witir

Bacaan Niat shalat witir tersebut, wajib anda baca apabila ingin mengerjakan shalat sunnah ini. Sebab niat merupakan syarat sahnya sebuah mengerjakan shalat, niat tersebut bisa anda baca dalam hati maupun di ucapkan asal tidak terlalu keras supaya tidak mengganggu umat muslim lainnya.

Doa Setelah Shalat Witir

Setelah mengerjakan shalat witir dengan khusu, kita sebagai umat muslim juga sangat di anjurkan untuk membaca doa setelah shalat witir. Mengenai doa setelah shalat witir, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Doa seteleha shalat witir

Mungkin hanya itu yang bisa kami ulas untuk anda mengenai Bacaan doa setelah witir, dengan adanya artikel ini semoga wawasan ilmu Islam kita semakin bertambah dan yang terpenting selalu mengamalkan apa saja yang di perintahkan oleh agama Islam.

Keutamaan Dan Doa Setelah Shalat Witir Lengkap Di Agama Islam | grobakz | 4.5