Cara, Niat dan Doa Shalat Hajat di Ajaran Islam

Niat Shalat Hajat – Shalat Sunnah di Ajaran Islam yang harus kalian ketahui selain Shalat Sunnah Tahajud dan Shalat Sunnah Istikharah adalah Shalat Sunnah Hajat, Sholat Hajat ini merupakan salah satu Shalat Sunnah di Ajaran Islam yang sangat bermanfaat sekali bagi setiap Muslim yang mengerjakannya karena Shalat Sunnah Hajat di kerjakan dengan maksud untuk meminta kepada Alloh Swt agar Hajat seseorang bisa dikabulkan atau dipenuhi oleh Alloh. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap Manusia pasti mempunyai kebutuhan yg berbeda – beda bahkan kadang kala Hajat seseorang tersebut sangatlah penting sehingga didalam Ajaran Islam telah mengajarkan bahwa jika ada seorang Muslim yg memiliki kebutuhan penting maka diperintahkan untuk mengerjakan Shalat Dua Raka’at dan meminta kepada Alloh agar hajat tersebut bisa dikabulkan.

Untuk Waktu Sholat Hajat ini bisa dikerjakan kapan saja baik di siang hari maupun dimalam hari, hanya saja kalau boleh saya menyarankan bahwa Sholat Hajat dikerjakan dimalam hari dan Waktu Mengerjakan Shalat Hajat terbaik yang dapat dikerjakan adalah saat tengah malam atau lebih tepatnya saat sepertiga malam terakhir. Hal ini seperti dijelaskan didalam Hadist Nabi Saw yang diriwatkan oleh Abu Hurairah berbunyi, ” Alloh akan turun ke langit dunia disetiap malam hari pada sepertiga malam terakhir dan Alloh telah berfirman bahwa siapa yg berdoa kepadaku maka niscaya akan aku kabulkan, siapa yg meminta kepada ku maka niscaya akan aku berikan dan siapa yang meminta ampun kepada ku maka tentu akan aku ampuni (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Sedangkan untuk Hukum Mengerjakan Shalat Hajat ini sudah tentu sunnah dan Hukum Sholat Hajat yg sunnah tersebut memiliki pengertian akan mendapatkan pahala yg mengerjakannya dan tidak akan mendapatkan dosa jika meninggalkannya.

Hal tersebut seperti diterangkan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw dalam Hadist yg diriwayatkan oleh HR Tirmidzi dan Ibnu Majah yg berbunyi, ” Barang siapa yg memiliki kebutuhan atau hajat kpd Alloh Swt atau salah seorang Manusia dari anak cucu Adam maka berwudhulah dg sebaik – baiknya wudhu lalu kerjakanlah Shalat Dua Raka’at atau Sholat Hajat (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”. Dan untuk perintah meminta pertolongan hanya kepada Alloh Swt pun telah dijelaskan didalam Al Qur’an tepatnya pada Surat Al Baqarah Ayat 45 yang berbunyi, ” Dan memintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan Shalat dan dengan sikap sabar (QS. Al Baqarah, Ayat : 45) ”. Adapun didalam Keutamaan Shalat Hajat selain sebagai sarana untuk meminta hajat dikabulkan, Keutamaan Mengerjakan Shalat Hajat lainnya akan mendapatkan pahala dan dapat terhindar dari perihal Musrik karena kita sebagai seorang Muslim selalu mengingat dan meminta kepada Alloh bukan kepada yang lain.

Cara, Doa dan Niat Shalat Hajat di Ajaran Islam

cara, doa dan niat shalat hajat di ajaran islam

Untuk Cara Sholat Hajat sendiri dilakukan minimal Dua Raka’at dan Maksimal Dua Belas Rak’at dengan tiap – tiap Dua Raka’at Satu Salam sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Hajat Empat Raka’at maka terdapat Dua Salam didalamnya dan untuk Gerakan Sholat Hajat ini pun masih sama seperti saat mengerjakan Shalat Wajib ataupun Shalat Sunnah pada umumnya yg diawali dengan membaca Niat Shalat yang diakhiri dengan salam dan untuk bacaan suratanya pun terserah kepada yg akan mengerjakannya. Tetapi Perlu ketahui bahwa menurut Wahiib Ibn Al – Warb mengatakan bahwa doa yg dikabulkan ialah seorang hamba yg shalat dengan membaca Ayat Kursi dan Surat Al Ikhlas pada tiap Raka’atnya, namun hal tersebut hanya sunah karena didalam mengerjakan Sholat Hajat tidak diharuskan untuk membaca Ayat Kursi dan Surat Al Ikhlas disetiap Raka’atnya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa didalam Cara Mengerjakan Shalat Hajat ini dapat dilakukan diwaktu kapan saja, tetapi diutamakan pada malam hari dan dikerjakan dengan minimal dua raka’at dan maksimal dua belas raka’at yg tiap – tiap dua raka’at terdapat satu salam. Adapun Langkah – Langkah Mengerjakan Shalat Hajat ini antara lain membaca Niat Shalat Sunnah Hajat Dua Raka’at, Takbirotul Ikhram, lalu membaca doa Iftitah dan langsung membaca Surat Al Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca Suratan satu kali pada raka’at pertama (Suratan Bebas), selanjutnya diteruskan dg melakukan Gerakan Shalat Ruku, Gerakan Shalat I’tidal, Gerakan Sujud Pertama, Gerakan Shalat Duduk diantara dua Sujud, Gerakan Shalat Sujud kedua dan dilanjutkan untuk berdiri untuk mengerjakan Raka’at Kedua Sholat Hajat. Kemudian didalam Raka’at Kedua masih sama membaca Surat Al Fatihah, membaca Suratan dan Gerakan Sholatnya pun sama seperti pada Raka’at Pertama, hanya saja setelah Gerakan Shalat Sujud Kedua dilanjutkan dengan Gerakan Shalat Tahiyat Akhir yang nantinya diakhiri dengan salam.

Bacaan Niat Shalat Hajat Terlengkap

Bacan Doa Niat Shalat Hajat di Ajaran Islam

Bacaan Doa Setelah Shalat Hajat

Doa Setelah Shalat Hajat di Islam

Penting untuk kalian ketahui bahwa setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Hajat maka duduklah dengan khusyu dan bacalah Istighfar seperti pada gambar diatas dan sangat dianjurkan untuk membaca Istighfar ini sebanyak 100 kali yang dibacakan dg penuh keikhlasan karena Keutamaan Doa Istighfar ialah untuk meminta ampunan kepada Alloh Swt atas segala dosa – dosa yang pernah kita buat, baik itu sengaja ataupun tidak.

Bacaan Dzikir Setelah Shalat Hajat

Selanjutnya anda membaca Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Saw dan dianjurkan dibacakan sebanyak 100 kali juga karena Keutamaan Shalawat Nabi Muhammad Saw salah satunya adalah dapat mengundang datangnya kenikmatan dan karunia dari Alloh Swt sehingga sebaiknya anda membaca Shalawat Nabi Saw ini dengan penuh keikhlasan dan khusyu dalam membacanya.

dzikir shalat hajat di ajaran islam

Selanjutnya anda bisa membaca Dzikir seperti Takbir, Tahmid, Al Fatihah dan Tahlil karena Keutamaan Berdzikir bagi setiap Muslim yang membacanya ialah sebagai salah satu media untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt dan memohon perlindungan dari segala bentuk godaan yang dilancarkan oleh setan – setan terkutuk kepada kita sebagai seorang Muslim. Adapun setelah itu tinggal anda membaca Doa Sesudah Shalat Hajat seperti dibawah ini yang tentunya sudah saya buatkan secara lengkap beserta terjemahan latin dan bahasa indonesia agar anda bisa dengan mudah membaca dan menghafalkannya.

doa sesudah shalat hajat terlengkap di islam

Setelah kalian membaca doa dan Dzikir Setelah Sholat Hajat seperti diatas maka anda tinggal duduk berserah diri dan memohon kepada Alloh dengan berdoa apa yang menjadi maksud anda atau apa yang menjadi hajat atau permintaan anda agar semuanya dapat dikabulkan oleh Alloh Swt karena semua urusan yang ada di dunia ini yang mengatur adalah Alloh Swt dan kita sebagai seorang Muslim hanya bisa berpasrah diri dan berikhtiar dengan berdoa kepadanya. Kemudian untuk tambahan informasi saja bahwa Sholat Hajat ini bisa dilaksanakan semalam maupun tiga malam atau sampai tujuh malam, tergantung pada penting dan sulitnya maksud atau hajat kita yang di inginkan dan ingatlah kita harus bersabar karena semua itu butuh proses dan tidak langsung jadi sehingga jika kalian sabar dan terus berikhtiar maka Insya Allah semua hajat atau permintaan anda dapat dikabulkan oleh Alloh Swt.

Cara, Niat dan Doa Shalat Hajat di Ajaran Islam | grobakz | 4.5